Pengunaan e-Ticketing Untuk KRL (Kereta Rel Listrik)

2013-05-02 13.21.42

Jakarta, OnTime – Kereta Rel Listrik (KRL) merupakan salah satu modal transpotasi favorit bagi warga Jabodetabek. Oleh karena itu PT. Kereta Api Indonesia ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk penumpangnya. Diantara nya penggunaan e-Ticketing yang berlaku mulai 1 Juni 2013. e-Ticketing adalah sistem baru yang diterapkan PT. Kereta Api Indonesia. e-Ticketing akan menganti tiket kertas dengan kartu pintar yang tersedia dalam dua pilihan yaitu Singel Trip (satu Perjalanan)  Multi Trip (Dengan sistem pemotongan saldo). Ignatius Tri Handoyo, Direktur Utama KCJ (Kereta Commuter Jabodetabek) memaparkan “Dengan sistem baru ini  pengunaan kartu bisa digunakan secara berulang, tidak seperti saat menggunakan tiket kertas,” Kata Ignatius dikutip dari Kompas.

Pertama kali, kata dia, pengguna jasa KRL mendatangi loket tiket dan mengatakan tujuan kepergiannya kepada petugas loket. Setelah itu, petugas akan menyebutkan harga pembayaran yang harus dibayar oleh pengguna jasa.

Selanjutnya, kartu akan keluar dari dispenser dan dapat dibawa oleh pengguna jasa. Setelah mendapatkan kartu, pengguna jasa KRL bisa segera menuju gate in untuk bisa masuk ke peron.

Pengguna jasa memasukkan kartu ke alat gate in dan tunggu sampai lampu di gate in berwarna hijau. Kemudian, kartu dibawa kembali untuk verifikasi di pintu keluar kereta.

Ketika sampai di stasiun tujuan, pengguna KRL menuju gate out dan memasukkan kartu tersebut ke dalam gate sampai lampu di alat tersebut menyala berwarna hijau. Pengguna jasa bisa keluar peron, sedangkan kartu tiket tersebut tertelan ke dalam alat di gate.

Pengguna jasa yang terlewat dari stasiun tujuan tidak bisa keluar peron di stasiun selanjutnya. Akan tetapi, pengguna bisa menunggu kereta selanjutnya supaya bisa kembali ke stasiun tujuan awal. Paparnya di Kutip dari Kompas.

(AA)

Editor: Gayanti Endah Pangestuti

Posted on May 29, 2013, in News. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: