DKI Jakarta “All Out” Rayakan Ulang Tahun

1728472-menyambut-tahun-baru-2013-780x390

Puncak kegiatan peringatan ulang tahun ke-486 DKI Jakarta dijanjikan bakal digarap all out alias sebagus-bagusnya. Tak hanya materi acara yang dipersiapkan matang, tetapi juga masalah keamanan, kesehatan, kebersihan, hingga penyediaan fasilitas toilet.

“Semuanya all out,” janji Ketua Harian Panitia Penyelenggara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-486 DKI Jakarta, Sylviana Murni, di Balaikota Jakarta, Jumat (21/6/2013) malam. Ulang tahun Jakarta selalu diperingati pada 22 Juni.

Untuk mengantisipasi masalah keamanan, kata Sylviana, panitia telah meminta bantuan Kodam Jaya. Sementara untuk mengantisipasi masalah kesehatan, selama kegiatan, bakal disediakan posko-posko kesehatan, termasuk meminta perkantoran di sekitar lokasi kegiatan untuk membuka posko serupa.

Sylviana menyebutkan, Dinas Kesehatan dan Palang Merah Indonesia (PMI) akan mempersiapkan 16 posko kesehatan yang tersebar di sepanjang jalur Jalan MH Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Barat. Di dalam posko itu tersedia peralatan pertolongan pertama, seperti ambulans, tandu, sepeda motor, dan kontak rujukan ke rumah sakit.

Toilet dan “regu comot”

Untuk mendukung kenyamanan dalam mengikuti perayaan, disediakan pula 30 toilet portabel, yang masing-masing berkapasitas empat toilet, dengan dua toilet untuk lelaki dan dua toilet untuk perempuan. “Kami minta perkantoran di sekitar area kegiatan untuk membuka toilet sepanjang acara untuk masyarakat,” tambah Sylviana.

Pemprov DKI Jakarta juga mengerahkan “regu comot” untuk membersihkan sampah yang berserakan selama acara Malam Muda Mudi. Ada sekitar 800 anggota regu yang bakal bertugas sejak Sabtu (22/6/2013) malam hingga Minggu (23/6/2013) pukul 03.00 WIB.

Pelibatan “regu comot” ini sekaligus untuk memastikan kebersihan lokasi kegiatan, yang pada Minggu (23/6/2013) pagi akan dipakai pula untuk Jakarta International 10k. Perlombaan lari tersebut akan diikuti tak kurang dari 35 ribu atlet, termasuk yang berasal dari 16 negara selain Indonesia.

“Kami harus gerak cepat. Kita selesai pukul 23.00 WIB dan pukul 03.00 WIB sudah harus steril semuanya untuk persiapan Jakarta International 10k,” kata Sylviana. Acara Malam Muda Mudi merupakan bagian dari serangkaian kegiatan malam puncak perayaan HUT ke-486 DKI Jakarta.

Perayaan malam puncak HUT ke-486 DKI Jakarta ditandai dengan arak-arakan tumpeng dari Balaikota ke Bundaran HI, Sabtu (22/6/2013) pukul 18.00 WIB. Selanjutnya, pada pukul 20.00 WIB, acara akan dipusatkan di panggung utama di sisi tenggara Monumen Nasional. Sementara acara Malam Muda Mudi dijadwalkan berlangsung antara pukul 21.00 sampai 22.00 WIB.

 

sumber: kompas.com

About aditya surya

untitled

Posted on June 24, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: